seminar nasional ilmu tasawuf

HIMAPRODI Ilmu Tasawuf STAI Al Fithrah Sukses Adakan Webinar Nasional Tasawuf Kolaborasi Dengan HMJ Ilmu Tasawuf IAILM Suryalaya

2 minutes, 40 seconds Read

Kamis, 29 Desember 2022 – Masuk di akhir Tahun 2022, Prodi Ilmu Tasawuf Jurusan Ushuludin mengadakan bentuk kolaborasi antara Ilmu Tasawuf STAI Surabaya dengan Ilmu Tasawuf IAILM Suryalaya. Bentuk dari adanya kesepakatan kolaborasi ditandai dengan adanya acara Webinar. Webinar yang dilaksanakan pada hari Rabu, 28, Desember 2022 tepat pada pukul 08.00 WIB ini dilaksanakan secara daring via ZOOM Meeting dikarenakan seperti yang kita ketahui masih terkendala dari tempat penyelenggara, karena yang satu berada di ujung timur sedangkan yang satu berada di ujung barat, yang menjadikannya sampai saat ini tidak bisanya dilaksanakan seminar dengan tatap muka langsung antar pemateri dan peserta.

Momen kali ini Prodi Ilmu Tasawuf mengangkat materi pembahasan dengan tema “Tasawuf Moderat Bagi Generasi Milenial“. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan yang disampaikan oleh Pembawa Acara (MC) pada acara tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan tawasul dari kedua belah pihak penyelenggara, dilanjut dengan pembacaan malhudzot dan tanbih ( wasiat ) dari kedua belah pihak penyelengggara.

Acara disambung dengan pembukaan yang disampaikan oleh ketua STAI Al Fithrah Surabaya yang menyampaikan sambutannya dalam kegiatan webinar sekaligus mengenalkan pengisi acara webinar ini dan menjelaskan sedikit isi tema yang dibawakan pada webinar pada pagi hari ini, dan dilanjut pembukaan oleh Rektor IAILM Suryalaya. Tak lupa juga masing masing ketua prodi menyampaikan sambutannya.

Di sesi berikutnya masuk di bagian inti acara yaitu penyampaian materi yang dipandu oleh Moderator Webinar. Diawali dengan moderator menyampaikan profil biodata diri dari ketiga narasumber yang hadir di acara webinar tersebut. Webinar kali ini untuk bagian sesi narasumber pertama menghadirkan narasumber dari UIN Syarif Hidayatullah. Para narasumber yang sangat ahli dibidangnya masing-masing sesuai dengan tema webinar kali ini. Di sesi penyampaian materi pertama narasumber yang menyampaikan materinya yaitu Prof. Dr. Sri Mulyati, M.A. beliau merupakan Dosen dan guru besar Ilmu Tasawuf di UIN Syarif Hidayatulah yang dikesempatan ini menjelaskan materinya sama dengan tema yang diangkat di webinar kali ini yaitu tentang Tasawuf moderat bai generasi milenial.

Tasawuf Moderat Bagi Generasi Milenial

Sebelum masuk pembahasan, beliau menyapa semua partisipan dan menyampaikan apresiasi serta rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada semua peserta yang hadir dan terlibat dari seluruh Indonesia. Kemudian di lain hal tentunya juga beliau menjelaskan dalam sambutannya. Bahwasanya perkembangan kondisi saat ini di Indonesia kurang adanya rasa meningkatkan nilai nilai spiritual. Harapannya juga di webinar ini dapat diangkat pembahasan dalam mengimplementasikan tasawuf bagi generasi milenial. Mudah-mudahan dari webinar kali ini bisa menjadi wadah kepada peserta untuk menyebarluaskan informasi yang bermanfaat dari narasumber yang menyampaikan materinya.

Setelah itu kemudian dilanjutkan sesi kedua dari narasumber yang berasal dari Dosen Ilmu Tasawuf STAI Al Fithrah. Yaitu Abdulloh Hanif M.Ag. melanjutkan pembahasan materi dari narasumber sebelumnya. Disini dilanjutkan sesi ketiga dari narasumber yang berasal dari Dosen Ilmu Tasawuf IAILM. Beliau juga menyampaikan materi seputar hal berupa alasan dan perkembangan dari ajaran tasawuf yang berkembang.

Setelah penyampaian materi selesai, seperti biasanya dilanjutkan dengan sesi diskusi yang sangat menarik. Dimana partisipan sangat ingin mendapatkan ilmu dan pengalamannya dari jawaban para narasumber yang sesuai ahli bidangnya. Dari tema hari ini khususnya dari peserta, serta tentunya mahasiswa mahasiswi lainnya yang cukup antusias bertanya via interaksi langsung. Komunikasi lewat kolom chat zoom seputar pembahasan materi yang diangkat di webinar kali ini. Masuk ke penghujung acara yaitu sesi kesimpulan. Kesimpulannya memberikan sebuah wawasan dan gebrakan baru bagi generasi mudah agar tidak berada diruang lingkup kesesatan.

author

Al-Fithrah

STAI Al Fithrah adalah Perguruan Tinggi Islam di Surabaya Utara yang sedang berkembang. Didirikan oleh Hadrotus Syaikh KH. Achmad Asrori Al Ishaqy bersama dengan para pakar pendidikan seperti Prof. Dr. H. Soefjan Tsauri, M.Sc (Peneliti Senior LIPI Jakarta) dan para pakar pendidikan lainnya pada tahun 2007. Pertama kali didirikan perguruan tinggi ini bernama Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Al Fithrah berdasar SK No. DJ.I/495/2007 dan kemudian berkembang serta berubah status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah pada tahun 2010.

Similar Posts