Prodi IAT Hadiri Annual Meeting ke-5 AIAT se-Indonesia 2022 di Gorontalo

AIAT se-Indonesia Berita event Kunjungan Networking Our Partner Seminar
Foto bersama seluruh peserta The 5th Annual Meeting and International Conference, dengan tema “Rethinking Quranic Studies in the Digital Era

Gorontalo (13/09),- Prodi IAT Al Fithrah, diwakili oleh Kaprodi, Dr. Kusroni, M.Th.I., turut hadir dalam acara The 5th Annual Meeting and International Conference, dengan tema “Rethinking Quranic Studies in the Digital Era“. Acara Anmeet ini berlangsung selama 4 hari, yaitu Selasa sampai dengan Jum’at, 13-16 September 2022. Acara dilaksanakan di dua lokasi, yaitu acara pembukaan di Aula Rektorat IAIN Sultan Amai Gorontalo, dan rangkaian acara utama di Hotel Aston Gorontalo. Pembukaan dilaksanakan pada malam Rabu, 13 September 2022. Hadir dalam pembukaan ini adalah Rektor dan Dekan IAIN Sultan Amai Gorontalo, beserta pejabat dan dosen Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Gorontalo. Pada moment ini, hadir dan memberi sambutan, Ketua MUI Provinsi Gorontalo, KH. Abdurrahman Bachmid, Lc., M.H.I. serta Gubernur Gorontalo. Dr.Ir. Hamka Hendra Noer, M.Si. Acara ditutup dengan Seminar dengan dua orang narasumber, yaitu, Dr. Hj. Lilik Ummi Kalsum (UIN Jakart), dan Prof. Sahiron (UIN Jogja).

Pada hari kedua (14/09), agendanya adalah Seminar Internasional, dengan beberapa narasumber dari dalam dan luar negeri, yaitu, 1) Prof. Quraish Shihab (Jakarta), yang berbicara mengenai moderasi beragama, 2) Prof. Karen Bauer (London), yang berbicara tentang perdamaian dalam Al-Qur’an., dan 3) Prof. Walid Saleh (Toronto), yang berbicara mengenai periodisasi Tafsir klasik. Pada malam harinya, adalah sesi pararel dari para penulis yang papernya dinyatakan lolos oleh panitia.

Pada hari ketiga (15/09), kegiatan yang dilaksanakan adalah acara utama, yaitu Annual Meeting AIAT 2022. Acara dibuka dengan pembacaan susunan acara serta tata tertib. Setelah itu pembagian komisi ke dalam 3 kelompok. Komisi 1 mendiskusikan tentang review AD-ART AIAT, Komisi 2 berdiskusi tentang kerjasama dan pengembangan tata kelola jurnal di lingkungan AIAT, dan komisi 3 membicarakan tentang MBKM dan Review mata kuliah wajib asosiasi. Prodi IAT Al Fithrah bergabung dalam sidang komisi 3. Sidang komisi ini diketuai oleh Dr. Islah Gusmian (UIN Salatiga), dan Dr. Ali Imron (UIN Suka) sebagai sekertaris.

Pada acara Anmeet kali ini, juga ditetapkan Ketua AIAT periode 2022-2027. Ada dua kandidat yang dicalonkan, yaitu, 1) Dr. Yusuf Rahman (UIN Jakarta), dan 2) Prof. Sahiron. Dan setelah diadalan pemungutan suara, Prof. Sahiron memperoleh suara terbanyak, dengan demikian beliau dinyatakan sah sebagai ketua AIAT 2022-2027. (admin)

Sidang Komisi 3 (MBKM & Mata kuliah Wajib Asosiasi)

Leave a Reply