Hadir! Pak Fahruddin Faiz Sebagai Narasumber Webinar Nasional

Berita Info Akademik

Pada pertengahan bulan Desember ini, Hima prodi akhlak tasawuf menyelenggarakan webinar nasional dengan tema sumbangsih tasawuf untuk Islam moderat di era milenial, yang mana bertujuan untuk mengembangkan atau mengaplikasikan teori yang dipelajari dengan adanya masalah-masalah yang ada di masyarakat dalam ranah Islam yang moderat. Webinar ini dilaksanakan pada hari Minggu, 19/12/2021 tepat pada pukul 09.00 WIB, dilaksanakan secara via ZOOM Meeting dikarenakan seperti yang kita ketahui bahwa wabah virus varian baru, bernama omicron mulai muncul di negara Indonesia. Sehingga webinar terpaksa tidak bisa dilakukan secara tatap muka di kampus STAI Al-Fithrah Surabaya.

Kegiatan webinar ini diawali pada oleh saudari Arifah sebagai pembawa acara (MC), yang bertugas menyampaikan susunan acara dari pembukaan sampai penutupan dan juga mengarahkan jalannya acara. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan (pembacaan tawasul khas Al-Fithrah) oleh Bapak Dr. H. Rosidi, S.Pd.I., M.Fil.I., menggantikan Bapak Achmad Syatori, M.Fil.I dikarenakan ada gangguan siyal, selanjutnya yaitu sambutan dari Ketua STAI Al-Fithrah yang disampaikan oleh Bapak Dr. H. Rosidi, S.Pd.I., M.Fil.I. menyampaikan bahwa STAI Al-Fithrah mempunyai hubungan yang sangat dekat dengan UIN SUKA, beliau menceritakan bahwa dahulu pernah satu MUNAS di daerah Jogjakarta untuk mencapai satu tujuan permasalahan yang ada, dan juga ucapan terimakasih kepada narasumber telah berkenan hadir dalam rangka webinar nasional ini serta berharap memberikan bimbingan terkait materi yang dipelajari untuk diterapkan pada kehidupan dan bermanfaat bagi sekitar kita, lalu dilanjutkan sambutan kedua dari Kepala Prodi Ahlak Tasawuf yang disampaikan oleh Bapak Abdul Aziz, M.H.I, menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua aspek dari panitia penyyelenggara, peserta, khususnya kepada narasumber yang berkenan hadir pada pagi yang berbahagia ini, harapan diadakannya acara ini yaitu agar seluruh mahasiswa, khusunya STAI Al-Fithrah dapat menyumbang nilai-nilai tasawuf untuk menjadikan Islam yang moderat di era milenial dan bermanfaat pada masyarakat luas.

Acara yang ketiga berisi tentang pembahasan materi yang disampaikan oleh Bapak Dr. Fahruddin Faiz, M.Ag dan di moderatori oleh Bapak Abdullah Hanif, M.Ag. Materi yang disampaikan adalah mengenai apa saja karakter moderat dalam bergama, unsur-unsur yang meliputi karakter, apa yang termasuk dalam karakter tersebut, dan juga diberikan contohnya masing-masing. Para peserta menyimak materi yang telah disampaikan dengan seksama, penjelasan materinya sangat mudah dipahami karena sistemastis, runtut, dan berbentuk skema yang jelas, singkat, dan padat.

Acara yang keempat adalah sesi tanya jawab atas ketidakfahaman materi yang telah disampaikan, terkait masalah yang menyangkut tema, dan hal-hal lainnya. Banyak sekali dari peserta yang mengajukan pertanyaan lewat kolom chat maupun langsung, yaitu dengan cara menyalakan audionya. Narasumber menjawab semua pertanyaan yang ada dengan runtut dan jelas sesuai dengan masalah yang sedang dialami atau terjadi. Dan pada akhirnya semua peserta dapat memahami penjelasan-penjelasan narasumber dengan baik dan terarahkan.

Acara yang terakhir adalah penutupan (doa’ penutup) yang dibacakan oleh Bapak Achmad Syatori, M.Fil.I, yaitu bertujuan agar ilmu yang didapat bermanfaat dan berkah sampai hari kiamat kelak. ARA

Leave a Reply