PGMI STAI AL FITHRAH HADIRI PERTEMUAN TAHUNAN DAN KONFERENSI NASIONAL PD PGMI INDONESIA

Berita Info Akademik

Jum’at 9 September 2022 Moh. Taufiq, M.Pd.I selaku sekretaris Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAI Al Fithrah Surabaya berangkat menuju Yogyakarta hadiri pertemuan tahunan dan konferensi nasional Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia yang digelar di Yogyakarta, 9-11 September 2022.

Kegiatan yang dirangkai dengan seminar nasional ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta Dr. Abdur Rozaki, S.Ag., M.Si. Sebanyak 127 dosen PGMI dari seluruh Indonesia ikut hadiri kegiatan yang berlangsung di Hotel New Saphir Yogyakarta.

Dalam kesempatan itu Abdul Rozaki mengatakan guru sangat berperan dalam pembangunan bangsa dan negara Indonesia. Bahkan sejak sebelum zaman kemerdekaan. “Tanpa guru, Indonesia sulit untuk merdeka,” paparnya di Malioboro Ball Room Hotel New Saphir, Yogyakarta, Jumat (9/9/2022) malam.
Menurutnya, guru harus bisa menghadirkan pendidikan yang mencerahkan, pendidikan yang membebaskan. Pendidikan yang akan mampu meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia. Dalam kaitan inilah para dosen PGMI bisa ikut berkontribusi menghadirkan guru-guru MI/SD yang berkualitas dan kompetitif. Tidak hanya dalam skala nasional, tapi juga internasional.

Karena itulah Program Studi (Prodi) PGMI di perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKI), baik negeri maupun swasta, harus terus menerus meningkatkan kualitasnya. Termasuk kualitas akreditasinya ditingkatkan menjadi akreditasi internasional.

Sementara itu Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Prof Dr Hj Sri Sumarni, M.Pd dalam opening speech-nya menyebutkan, untuk meningkatkan kualitasnya, Prodi PGMI mesti melakukan kolaborasi, bukan berkompetisi. “Dengan berkolaborasi kita bisa berprestasi,” ungkapnya.
Momentum pembukaan ini juga sangat unik sekali dan sangat berkesan karena seluruh peserta menggunakan pakaian adat sesuai daerahnya masing-masing di seluruh Indonesia, selain itu pasca acara pembukaan selesai seluruh peserta diminta satu persatu maju kedepan untuk melakukan fashion sembari memperkenalkan pakaian adatnya masing-masing.

Pada pertemuan tahunan PD PGMI Indonesia kali ini juga berlangsung konferensi nasional untuk memilih pengurus baru Pengurus Pusat PD PGMI masa bakti 2022-2027.
Dalam pemilihan ketua Pengurus Pusat PD PGMI yang berlangsung Sabtu (10/9/2022) malam di tempat yang sama, Dr Andi Prastowo, MPd, dosen Prodi PGMI UIN Sunan Kalijaga, terpilih secara voting sebagai ketua PD PGMI yang baru. Dia memperoleh suara terbanyak dibanding dua kandidat lainnya.
“Terima kasih atas kepercayaan bapak-bapak dan ibu-ibu, mari kita majukan bersama Prodi PGMI,” ujar Andi, penerus ketua sebelumnya, Dr H Fauzan, MA.

Leave a Reply