Ta’aruf Hari Pertama MasTa STAI Al Fithrah 2022

Berita Info Akademik

Jum’at (12 Shafar 1444 H. / 09 September 2022 M.) panitia mahasiswa ta’aruf (MasTa) sekolah tinggi agama Islam (STAI) Al Fithrah Surabaya menyelenggarakan ta’aruf hari pertama, agar para mahasiswa/i baru mengetahui perihal kebijakan, hak, dan kewajiban yang harus dilakukan di STAI Al Fithrah.

Pukul 08.00 WIB acara ta’aruf dimulai, saudari Livia Kurniyati sebagai MC membacakan susunan-susunan acara. Acara yang pertama, MC resmi membuka ta’aruf dengan basmalah dan diikuti oleh semua peserta. Dilanjutkan dengan acara yang kedua, yaitu pembacaan tawasul dan istighosah yang dipimpin oleh Ustadz Ahmad Syatori, M.Fil.I, seluruh peserta dan panitia mengikuti dengan khusu’ dan hikmat seakan-akan ruh Hadratus Syaikh hadir di tengah-tengah acara memberi rasa tenang dan kedamaian. Kemudian acara yang ketiga, yaitu menyanyikan lagu wajib yang terdiri dari lagu Indonesia Raya, Hubbul Wathan, dan Hymne STAI. Para peserta berdiri untuk menyanyikan lagu dan setiap nyanyian yang ada mempunyai karakter yang berbeda-beda.

Acara yang keempat yakni sambutan-sambutan, sambutan yang pertama dari ketua yayasan Drg. H. Jusuf Sjamsudin, Sp. Ort. beliau menyampaikan pesan-pesan agar mahasiswa/i bisa belajar dengan tenang dan baik, menyampaikan amanah dari hadratus syaikh “mendidik orang yang berakhlakul karimah bukan mendidik orang pintar”, dan berharap semoga mahasiswa/i menjadi orang bermanfaat bagi nusa dan bangsa. Selanjutnya sambutan yang kedua dari ketua STAI Al Fithrah Dr. Rosidi, M.Fil.I. beliau menyampaikan beberapa point, diantaranya: pentingnya jenjang pendidikan jika dikorelasikan dengan pekerjaan, arahan agar berlomba-lomba meraih prestasi, dan memperlihatkan karya tulis dan intelektual hadratus syaikh sebagai uswatun hasanah bagi mahasiswa/i.

Kemudian acara yang kelima yaitu pengenalan profil lembaga, yang dijelaskan oleh Ustadz Abdul Aziz, M.H.I. beliau memperkenalkan banyak hal yang berkaitan dengan lembaga, diantaranya: para pimpinan beserta tugasnya, kepala-kepala bagian, visi dan misi, tugas dosen wali, hak dan kewajiban mahasiswa, dan pentingnya berorganisasi. Dilanjutkan dengan acara yang keenam yakni demontrasi UKM yang berbentuk talkshow, dipandu oleh moderator saudari Lifa Ainur Rahmah selaku Presiden BEM Periode 2021-2022. Setiap UKM diwakili oleh ketuanya masing-masing, penjelasan yang disampaikan meliputi: awal berdiri, nama, visi dan misi, program, hingga pentingnya masuk UKM tersebut, dan diberikan kesempatan untuk bertanya bagi peserta yang belum faham.

Dilanjutkan dengan acara yang ketujuh yaitu pemberian materi menciptakan kultur akademik yang kritis bermoral, berakhlakul karimah serta mengedepankan nilai-nilai humanisme yang dijelaskan oleh Ustadz Pratama SBK, M.Si. materi ini sangat bagus bagi mahasiswa/i sebab akan menjadi acuan dan pegangan sebelum melangkah lebih jauh. Selesai pemberian materi, mahasiswa/i melaksanakan ISHOMA karena sebentar lagi akan masuk waktu dhuhur.
Acara ta’aruf masuk kembali pada pukul 13.00, MC saudari Laila Zahrunnada membacakan susunan acara selanjutnya, yakni pemberian materi tentang karya ilmiah, pencegahan dan penanggulagan plagiarisme yang disampaikan oleh Dr. Chafid Wahyudi, M.Fil.I selaku WAKA 3 kesiswaan. Materi ini sangat penting bagi mahasiswa/i sebagai langkah kedua setelah acuan dan pegangan-pegangan yang telah mereka ketahui. Kemudian lanjut pada acara yang kesembilan yaitu pemberian materi tentang memperkuat komitmen bela negara, serta merespon perkembangan teknologi dan pengetahuan di era revolusi industri 4.0 yang dijelaskan oleh Drs. H. Shofwan Hasan, M.A. materi ini sangat penting bagi mahasiswa/i sebab di era serba digital ini, semua berita dan narasi sangat mudah terakses dan tersebar luas dengan bantuan materi ini dapat menyaring dan memilah hal-hal yang layak dikonsumsi dan tidak membahayakan masyarakat luas.

Acara yang kesepuluh yakni ice breaking yang diisi oleh panitia beserta seluruh kelompok yang telah dibagi. Tugas dari masing-masing kelompok itu meramaikan jargon Masta dan menampilkan yel-yel kelompoknya masing-masing. Setelah penampilan semua kelompok telah usai, tibalah waktu ISHOMA karena sebentar lagi akan tiba waktu ashar.
Pada pukul 15.30 WIB, semua mahasiswa/i menuju kelas yang telah disediakan sesuai dengan Prodi yang mereka pilih, guna melaksanakan acara yang kesebelas yaitu demontrasi HIMA PRODI. Setiap prodi memiliki ciri khas masing-masing dalam menyambut mahasiswa/i baru guna memperkenalkan hal yang berhubungan dengan prodi dan juga mempererat tali silaturrahmi antara semester awal hingga alumni. Selesai demontrasi Prodi semua peserta kembali ke Auditorium karena panitia akan menjelaskan TM untuk ta’aruf hari kedua. Acara demi acara telah usai, MC menutup acara dengan hamdalah dan diikuti oleh semua peserta.

Leave a Reply