HMP Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Adakan Webinar Nasional dengan Tema “Tafsir Sufistik: Eksistensi dan Urgensinya di Era Disrupsi”

AIAT se-Indonesia Berita event webinar

Surabaya, STAI Al-Fithrah Surabaya. Himpunan mahasiswa program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir menggelar acara “WEBINAR NASIONAL” dengan bertema “Tafsir Sufistik: Eksistensi dan Urgensinya di Era Disrupsi” pada hari Rabu, tanggal 24 Februari 2022.

Webinar ini berlangsung dari pukul 09.00-10.30 WIB, dihadiri oleh mahasiswa dari internal dan eksternal kampus. Acara ini dilaksanakan secara daring dikarenakan kondisi pada saat ini masih belum memungkinkan untuk mendatangkan dan membuat perkumpulan banyak orang.

Tepat pukul 09.00 WIB saudara Abdul Majid selaku MC membacakan susunan acara dan menyapa para peserta webinar dalam zoom meeting. Susunan acara yang pertama dimulai dengan pembukaan tawassul fatihah yang dipimpin oleh ust Ahmad Syatori, M.Fil.I. kemudian dilanjut dengan sambutan Kaprodi IAT yang sekaligus mewakili pimpinan STAI.

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa webinar ini bertujuan untuk menuju target kampus yang mengembangkan kajian tafsir sufistik. Maka dari itu, pimpinan kampus sengaja memilih Prof. Dr. KH Nasaruddin Umar, M.A. – imam besar Masjid Istiqlal Jakarta – sebagai narasumber, karena beliau lebih memiliki otoritas dan berpengalaman dalam kajian tafsir sufistik.

Sambutan yang kedua diisi langsung oleh ketua umum pimpinan pusat FKMTHI (Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadis Indonesia), beliau sangat mengapresiasi kegiatan webinar nasional ini karena selain tema sangat menarik, webinar ini sangat penting untuk generasi muda saat ini sebagaimana slogan FKMTHI “Melangitkan Potensi Sebagai Mahasiswa Tafsir Hadis dan Membumikan Nilai-Nilai Hadis Tersendiri”

Lalu inti acara. Pembahasan Tafsir Sufistik: Eksistensi dan Urgensinya di Era Disrupsi. Acara ini dimoderatori oleh Dicky Adi Setiawan, S.Ag, alumni STAI Al Fithrah Surabaya, Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir,

Webinar Nasional dengan Tema “Tafsir Sufistik: Eksistensi dan Urgensinya di Era Disrupsi” ini berlangsung dengan khidmat sampai akhir acara, dan ditutup dengan doa penutup yang dipimpin langsung oleh Dr. Kusroni, M.Th. I selaku kaprodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir STAI Al-Fithrah Surabaya.

Leave a Reply