Antusiasme BEM STAI AL Fithrah: Hadirkan Aksi Berbagi di Masa Pandemi

1 minute, 13 seconds Read

Surabaya, 04 Februari 2022, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Fithrah kembali menggelar aksi kemanusiaan (bakti sosial) yang ditujukan kepada “rakyat cilik”. Kegiatan bakti sosial ini mengajarkan kita untuk saling peduli, mewujudkan rasa cinta kasih, dan saling menolong bagi mereka yang membutuhkan uluran tangan.

Agenda ini diprakarsai oleh Mentri Sosial dan Kesehatan, BEM STAI Al Fithrah, Kabinet Satu, digelar pada hari Jum’at pada bulan Rajab. Hari Jumat adalah hari yang paling utama dan berkah dibandingkan dengan hari-hari yang lain. Bulan Rajab dikenal dengan bulan Kemuliaan.

Moment ini terhitung pas untuk “menanam” kebaikan seperti yang tertuang dalam dawuh Syaikh Abdul Qodir Al Jailany Ra, “Rajab untuk membersihkan badan, Sya’ban untuk membersihkan hati dan Romadhon untuk membersihkan Ruh.

Pun, dalam momen lain, nabi juga paring dawuh (baca: berpesan), “ada hari itu Rasulullah meminta umatnya untuk memperbanyak amalan, termasuk sedekah. Seperti yang terekam dalam hadist riwayat Abi Syaibah, “Sedekah itu dilipatgandakan pahalanya pada hari Jumat (yakni bila sedekah itu pada hari Jumat, maka pahala berlipat ganda dari hari-hari lain”.

Sebagaimana diwejangkan Ibnul Qoyim dalam kitab Zadul Ma’ad, “Saya pernah melihat Ibnu Taimiyah apabila beliau berangkat jumatan, beliau membawa apa yang ada di rumah, baik roti atau yang lainnya, dan beliau sedekahkan kepada orang di jalan dengan diam-diam,” katanya.

Waba’du, seperti apa yang ditulis ketua STAI Al Fithrah Surabaya, Dr. KH. Rosidi, M, Fil.I dalam dinding media sosialnya, semoga masyarakat di sekitar kita dicukupkan rezeki dan keberkahan.

Salam Mahasiswa!

Salam Pergerakan!

(Laila Z)

author

Al-Fithrah

STAI Al Fithrah adalah Perguruan Tinggi Islam di Surabaya Utara yang sedang berkembang. Didirikan oleh Hadrotus Syaikh KH. Achmad Asrori Al Ishaqy bersama dengan para pakar pendidikan seperti Prof. Dr. H. Soefjan Tsauri, M.Sc (Peneliti Senior LIPI Jakarta) dan para pakar pendidikan lainnya pada tahun 2007. Pertama kali didirikan perguruan tinggi ini bernama Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Al Fithrah berdasar SK No. DJ.I/495/2007 dan kemudian berkembang serta berubah status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah pada tahun 2010.

Similar Posts