Perbankan Syariah Goes to OJK

Antusias! Mahasiswa PS Ikuti Kegiatan “Perbankan Syariah Goes to OJK” 2023

2 minutes, 44 seconds Read

Surabaya, 17 Oktober 2023 – Mahasiswa Perbankan Syariah (PS) STAI Al Fithrah mengaku senang dan antusias mengikuti kegiatan “Perbankan Syariah Goes to OJK” yaitu kunjungan ke Kantor Regional IV Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jawa Timur dan Museum Pendidikan yang diadakan oleh Prodi Perbankan Syariah (PS) STAI Al Fithrah. Sebab kegiatan ini tidak hanya melibatkan semua mahasiswa Prodi PS, mulai dari angkatan 2019 hingga mahasiswa baru angkatan 2023, tetapi juga diikuti oleh semua dosen Prodi PS, yang berjumlah 9 orang. Sehingga kegiatan ini juga sekaligus menjadi momen menguatkan solidaritas sesama mahasiswa dan merekatkan chemistry antara dosen dengan mahasiswa.

Setelah berkunjung ke Museum Pendidikan dan shalat Dhuhur berjam’ah di Masjid Kemayoran, Surabaya, acara inti pada kegiatan ini adalah kunjungan ke Kantor Regional IV Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jawa Timur, yang bertempat di Jl. Gubernur Suryo No. 28-30, Embong Kaliasin, Surabaya. Setelah mahasiswa dan dosen melakukan registrasi di lobby, rombongan diarahkan ke lantai 4 di ruang audiotorium yang telah disediakan. Acara dibuka oleh MC sekitar pukul 13.30 WIB, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kaprodi PS STAI Al Fithrah, Abdullah Ahadish Shamad, M.SEI.

Dalam sambutannya, Kaprodi PS menyampaikan maksud dan harapannya, “Tujuan kegiatan ini adalah untuk mencari ilmu, menggali informasi, utamanya terkait dengan peran dan fungsi OJK. Karena belajar tidak hanya di kelas, tetapi bisa dilakukan di mana saja. Harapannya agar mahasiswa mendapatkan experience yang nyata, tidak hanya teori semata.”, ujarnya. Selain itu, Kaprodi PS juga menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapakan menjadi langkah awal untuk terus menjalin kerjasama yang baik antara Prodi PS STAI Al Fithrah dengan OJK Jawa Timur. “Harapannya, mahasiswa kami dapat magang di sini, syukur-syukur jika ada lowongan pegawai, mahasiswa kami siap untuk ditempatkan di OJK” pungkasnya.

Sambutan dilanjutkan dari pihak OJK, yaitu Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen, Bapak Heriyadi. Beliau menyampaikan bahwa OJK dengan senang hati dan terbuka menerima kunjungan ini. Bahkan termasuk di antara program kerjanya adalah memberikan edukasi kepada masyarakat tentang literasi dan inklusi keuangan, agar masyarakat lebih memahami tentang berbagai macam produk jasa keuangan dan jangan sampai masyarakat tertipu dengan segala macam penipuan berkedok investasi yang marak terjadi saat ini. Terkait dengan kerjasama magang dan rekrutmen pegawai, OJK dengan terbuka bersedia menerima dan perlu ada pembahasan lebih lanjut terkait hal ini. Memasuki inti acara adalah pemaparan materi dari OJK, yaitu terkait dengan “Fungsi dan Peran OJK: Mewaspadai Investasi Ilegal.” Dilanjutkan dengan materi kedua yaitu “Penganalan Sistem Perbankan Syariah di Indonesia”.

Sebelum materi disampaikan, terlebih dahulu ada Pre-Test untuk mengukur sampai sejauh mana literasi para peserta terkait dengan keuangan dan perbankan syariah. Demikian pula setelah materi disampaikan, juga ada Post-Test untuk mengukur sejauh mana pemahaman para peserta setelah diberikan pemaparan materi tersebut. Semua peserta, baik mahasiswa maupun dosen dapat mengikuti test ini. Uniknya, test ini dilakukan secara online dan real time melalui website www.quizizz.com yang dapat diakses pada gadget masing-masing. Para peserta yang terhubung dapat secara langsung menjawab pertanyaan yang disediakan. Score yang diperoleh juga bisa secara langsung dipantau. Tentu saja, hal ini semakin menambah antusiasme dan keseruan para peserta yang mengikutinya.

Acara dimeriahkan pula dengan pemberian souvenir dari OJK sebagai hadiah bagi para peserta yang mendapatkan score tertinggi pada Post-Test maupun peserta yang aktif dalam berdiskusi. Kemudian diakhiri dengan foto bersama dan ditutup dengan do’a. Para mahasiswa prodi PS mengaku sangat senang dan berhadap kegiatan semacam ini dapat terus diadakan pada kesempatan berikutnya.

author

Kampus Al Fithrah

Institut Al Fithrah Surabaya. Mendalamkan Spiritualitas Meluaskan Intelektualitas.

Similar Posts

lowongan dosen IAF