tim jurnal stai al fithrah

Tim Jurnal STAI Al Fithrah Mengikuti Program Penguatan Kapasitas Pengelola Jurnal Wilayah Kopertais IV

1 minute, 22 seconds Read

STAI Al Fithrah sebagai salah satu PTKIS mendelegasikan 3 orang dosen (Tim Jurnal STAI) untuk mengikuti program penguatan kapasitas pengelolaan jurnal yang diadakan oleh KOPERTAIS IV. Dosen yang diutus untuk mengikuti program tersebut adalah Dr. Kusroni, M.Th.I. sebagai Edintor in Chief dari Jurnal KACA (karunia cahaya Allah) yang sudah terakreditasi SINTA 5. Syamsudin, M.Pd.I. sebagai Editorial Board dari Jurnal TARBAWI yang sudah terakreditasi SINTA 4. Dan Moh. Arifin, M.SEI. sebagai Editor in Chief dari IQTISADIE : Journal of Islamic Banking And Shariah Economy.

Acara Penguatan Kapasitas Pengelola  Jurnal Wilayah KOERTAIS IV dilaksanakan selama 2 (dua) hari (14-15 Februari) di hotel Santika, Gubeng Surabaya. Yang dibuka secara langsung oleh kordinator KOPERTAIS IV yaitu Prof. Akh. Muzakki, Grad. Dip. SEA, M.Phil., Ph.D. dalam penyampaiannya beliau mengatakan bahwa pengelolan jurnal PTKIS masih relatif rendah karena jurnal yang Terakreditasi SINTA 2 masih minim sekali. Beliau juga menambahkan bahwa jangan sampai memanfaatkan mahawsiswa dengan menitipkan nama pada karya mahasiswa demi keuntungan dirinya sendiri.

tim jurnal stai

Pada sesi pertama, materi disampaikan oleh Prof. Dr. Ahmad Taufiq, S.Pd., M.Si. guru besar Universitas Negeri Malang. Beliau menyampaikan beberapa strategi agar kita bisa mendapatkan ide yang bagus sesuai dengan isu-isu terbaru. Beliau juga menghimbau bahwa pengelola jurnal adalah dosen yang bisa menulis sehingga bisa memfilter artikel yang berkualitas untuk diterbitkan dijurnal.

Sesi yang kedua disampaikan oleh Bapak Ghofur (Kasi Pengembangan Jurnal UNESA). Beliau mengatakan bahwa metadata author perlu diperhatikan dalam penguatan jurnal yang dikelola agar akreditasi jurnal bisa meningkat. Acara tersebut ditutup oleh Dr. H. Sumarkhan, M.Ag. Beliau menyampaikan bahwa pengelola jurnal memiliki peran yang sangat penting, karena pengelolaan yang baik akan menghasilkan akreditasi yang baik pula.

Tim Jurnal STAI

author

Al-Fithrah

Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah Surabaya. Mendalamkan Spiritualitas Meluaskan Intelektualitas.

Similar Posts