seminar nasional gambar 1

Seminar Nasional Tafsir HIMAPRODI Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir STAI Al Fithrah

2 minutes, 21 seconds Read

Rabu, 15 Maret 2023 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Fithrah Surabaya mengadakan Seminar Nasional Tafsir yang bertema “Membumikan Tafsir Maqasidi Sebagai Upaya Pengayaan Perspektif”

Seminar ini dilaksanakan di Auditorium STAI Al Fithrah Surabaya. Acara tersebut dihadiri oleh narasumber yang fenomenal yang didatangkan langsung dari UINSUKA Yogyakarta yaitu bpk. Prof. Dr. Abdul Mustaqim, S. Ag, M. Ag beserta tamu undangan dari berbagai kampus di Jawa Timur yang berasosiasi dengan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir (IAT). Juga dihadiri oleh Faiq Aqil Muhammad ketua FKMTHI se-Jawa Timur, serta para dosen STAI Al Fithrah Surabaya.

Acara dimulai pada pukul 13.15 WIB dengan dipandu oleh saudara Aldi Pratama Putra selaku MC pada acara tersebut. Acara seminar tersebut dibuka dengan pembacaan Tawasul serta Istighotsah oleh ust Ahmad Syatori, M. Fil.I selaku dosen tetap STAI Al Fithrah. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Ya ahlal Wathon, dan Hymne STAI secara bersama-sama dan dipandu oleh tim operator serta dirigen STAI Al Fithrah Surabaya.

Setelah menyanyikan lagu-lagu tersebut acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, sambutan yang pertama disampaikan oleh Dr. Rosidi M. Fil.I selaku Rektorat STAI Al Fithrah Surabaya. Dalam sambutannya beliau mengenalkan pemateri kepada para peserta. Beliau juga mengatakan bahwa STAI Al Fithrah  akan berubah menjadi institut bahkan universitas dalam watu dekat.

seminar nasional gambar 2

Kemudian dilajutkan dengan sambutan yang kedua oleh saudara Faiq Aqil Muhammad selaku ketua FKMTHI Jawa Timur. Dalam sambutannya ia menyampaikan turut bersuka cita atas terselenggaranya seminar nasional tersebut dengan mengundang narasumber yang mana beliau termasuk guru besar Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir di UINSUKA Yogyakarta.

Selesainya acara sambutan-sambutan tersebut kini tibalah pada acara inti yaitu penyampaian materi seminar oleh prof. Dr. H. Abdul Mustaqim, S. Ag, M. Ag selaku pemateri dan dipandu oleh bpk. Dr. Chafid Wahyudi M.Fil.I selaku moderator pada acara seminar tersebut.

Di awal penyampaiannya beliau membukanya dengan mencairkan suasana. Beliau juga menyempatkan membacakan pantun yg ditujukan kepada mahasiswa STAI Al Fithrah Surabaya. Lanjutnya, beliau menjelaskan tentang tafsir maqasidi. Menurutnya, “Tafsir maqasidi ialah tafsir yang sedang dikembangkan dikampus UINSUKA Yogyakarta”.

Lanjutnya, Beliau memulai menerangkannya dari definisi tafsir. Menurutnya, “Tafsir yaitu mengungkapkan makna dari sesuatu yang global sedangkan maqasid adalah maksud atau tujuan dari apa yang telah diungkapkan.” Dalam penyampaiannya, beliau sering sekali memberikan satu-dua contoh untuk memudahkan pemahaman bagi para peserta.

Lanjutnya Ia juga menjelaskan tentang bagaimana tafsir maqasidi dapat difahami oleh para pelajarnya. Tegasnya, Tafsir Maqasidi ialah tafsir yang menengah-nengahi dua cara berfikir yang berbeda dalam rangka menjaga idealis antara tekstualis dan kontekstualis.

Setelah penyampaian materi oleh narasumber acara dilanjutkan dengan penyerahan cindera mata kepada pemateri oleh bpk. Mohamad Anas, M.Th.I sekprodi IAT STAI Al Fithrah Surabaya. Acara selesai pukul 15.20 WIB dan ditutup dengan doa penutup oleh ust.Achmad Imam Bashori M.Th.I selaku dosen tetap IAT STAI Al Fithrah Surabaya. setelah penutupan acara kemudian dilanjutkan dengan sesi dokumentasi dari para peserta berserta para pemateri dan tamu undangan.

seminar nasional gambar 3
author

Al-Fithrah

Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah Surabaya. Mendalamkan Spiritualitas Meluaskan Intelektualitas.

Similar Posts