rasika fm stai al fithrah

KERJASAMA DENGAN RADIO RASIKA FM, KAMPUS AL-FITHRAH MENGGAGAS PROGRAM “KULTUM” SELAMA RAMADAN 1444 H

1 minute, 38 seconds Read

Beberapa bulan yang lalu, Kampus Al-Fithrah telah menandatangani kerjasama dengan salah satu stasiun Radio swasta terkemuka yang berpusat di Semarang Jawa Tengah, yaitu Radio Rasika, 105.6 FM. Dalam rangka menindaklanjuti kerjasama tersebut, pada bulan Ramadan 1444 H. ini, telah terwujud program kuliah tujuh menit (kultum) yang dikemas dalam program “Hikmah Ramadan”. Program ini tayang setiap hari selama Ramadan, dengan berbagai tema keislaman yang relevan dengan Ramadan. Pengisi program ini adalah para tenaga pengajar atau dosen STAI Al-Fithrah Surabaya. Secara bergantian mereka memberikan materi seputar puasa Ramadan secara khusus, dan seputar isu-isu keislaman kekinian secara umum.

Dr. H. Rosidi, M.Fil.I., selaku Ketua STAI Al-Fithrah, mengatakan bahwa program ini merupakan inisiatif dari Radio Rasika dan STAI Al-Fithrah. Sebagai kampus Islam, STAI Al-Fithrah sangat antusias menyambut program ini. Selain dalam rangka menguatkan sinergi dan kerjasama, program ini memang sangat relevan dengan keberadaan Kampus Al-Fithrah sebagai lembaga pendidikan tinggi yang di antara tugasnya adalah melakukan pengabdian kepada masyarakat. “Ini adalah salah satu ikhtiar kami sebagai Kampus Islam untuk memberikan sumbangsih dan pelayanan kepada masyarakat,” pungkas Ketua STAI yang juga merupakan Ketua Pengurus Pusat Thariqah Qadiriyah Naqsyabandiyah Al-Utsmaniyah ini.

Pada dua episode pertama program Hikmah Ramadan ini, diisi langsung oleh Ketua STAI Al-Fithrah dengan tema “Ada Apa dengan Puasa Ramadan?” dan “Akal Melawan Nafsu”. Episode 3 disampaikan oleh Ust. Dr. Iksan, M.Pd.I., dengan tema “Lakukan 5 Perkara Untuk Memperoleh 5 Perkara”, sedangkan episode 4 disampaikan oleh Ibu Dra. Ec. Nasyiatul Farida, M.Si., yang membincang tentang “Jual Beli Online dalam Pandangan Islam”. Episode 5 disampaikan oleh Ust. Aris Imawan, M.Pd.I., yang membincang tentang “Tanda-Tanda Orang Bertaqwa”, dan pada episode 6 tema yang dikaji adalah “Spiritualitas Puasa: Tafsir Ayat 183 Surah Al-Baqarah” yang disampaikan oleh Dr. Kusroni, M.Th.I. Pada episode-episode berikutnya, akan disajikan ragam tema yang tentunya menarik, dan bisa menambah wawasan keislaman para pendengar dan pemirsa Radio Rasika dan seluruh masyarakat secara umum. Program ini bisa disimak setiap hari selama Ramadan, melalui Channel Youtube Rasika USA, dengan alamat akses: https://www.youtube.com/@rasikausa/videos.

rasika fm stai
author

Kampus Al Fithrah

Institut Al Fithrah Surabaya. Mendalamkan Spiritualitas Meluaskan Intelektualitas.

Similar Posts

lowongan dosen IAF