Pada Senin, 30 Oktober 2023, terjadi momen bersejarah bagi mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) yang mengikuti Praktik Kerja Lapangan (PKL). Acara pembukaan PKL dan penyerahan mahasiswa PKL kepada lembaga pendidikan terkait menjadi tanda dimulainya fase penting dalam menyelesaikan tugas akhir mereka.
Acara berlangsung di Pendopo Ponpes Al Fithrah Surabaya, dimulai sekitar pukul 08.00 pagi. Hadir dalam acara ini adalah Ustadz Ali Mastur, M.Pd.I, Sekretaris Program Studi MPI Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah. Selain itu, para mahasiswa PKL, dosen pembimbing lapangan (DPL) seperti Ustadz Choirus Sholihin, M.Pd.I, dan Ustadz Pratama Surya Bagus Kusuma, M.Si juga ikut hadir untuk memberikan dukungan.
Dalam momen praktik kerja tahun ini, mahasiswa PKL dibagi menjadi empat kelompok, yang masing-masing akan ditempatkan di lembaga pendidikan yang berbeda. Salah satu dari kelompok tersebut berkesempatan untuk menjalani PKL di PDF Wustho Al Fithrah.
Puncak acara pembukaan adalah penyerahan mahasiswa PKL kepada lembaga pendidikan yang menjadi tujuan mereka. Penyerahan ini menjadi momen penting, yang dilakukan oleh perwakilan Program Studi MPI, yaitu Sekprodi MPI. Penyerahan ini berlangsung secara simbolis ketika kepala sekolah PDF Wustho AL Fithrah, Ust Nur Yasin, menerima mahasiswa PKL dengan hangat.
Ust Nur Yasin memberikan sambutan yang penuh semangat kepada para mahasiswa PKL. Ia mendorong mereka untuk mengamalkan ilmu yang telah mereka pelajari di kampus dan menjadikannya bermanfaat bagi lembaga pendidikan dan masyarakat. Pesan beliau menjadi motivasi tersendiri bagi para mahasiswa PKL dalam menjalani masa PKL mereka.
Pembukaan PKL ini menjadi awal yang menjanjikan bagi mahasiswa MPI dalam menggabungkan teori yang telah mereka pelajari dengan pengalaman praktis di lapangan. Mereka siap menjalani tantangan dan belajar dengan penuh semangat di lembaga pendidikan yang menjadi tempat PKL mereka, dengan harapan bahwa pengalaman ini akan membentuk mereka menjadi calon pemimpin pendidikan yang berkualitas.