haul akbar samarinda

Pelantikan Pengurus Al Khidmah Dan Haul Akbar Samarinda Perdana Dihadiri Belasan Habib

1 minute, 36 seconds Read

Fenomena menarik terjadi saat pelaksanaan Haul Akbar perdana Kota Samarinda, Kalimantan Timur pada Sabtu malam tanggal 17 Desember 2022 lalu. Semula acara tersebut direncanakan hanya sekedar majlis manaqib dan maulid rutin di musholla yang bertempat di kelurahan Dadimulya kecamatan Samarinda Ulu yang sudah berjalan kurang lebih selama sepuluh tahun. Namun para ‘calon pengurus’ Al Khidmah Samarinda berubah pikiran, mereka bergerak cepat, koordinasi dengan berbagai pihak, mencari dana dan hal-lain yang yang dianggap perlu.

pelantikan pengurus alkhidmah surabaya

Jama’ah Yang Hadir Diluar Dugaan

Hasilnya benar-benar di luar dugaan. Ibarat kata pepatah “usaha tidak pernah mengkhianati hasil”, terserenggalah Haul Akbar kota Samarinda untuk yang pertama kalinya dengan jumlah jama’ah yang juga di luar dugaan. Lokasi Haul Akbar yang bertempat di sisi barat anak sungai Mahakam itu penuh dijejali oleh lebih dari seribu orang jama’ah. Belasan habib hadir, diantaranya Habib Husin Al-Kadri, Habib Gholib Al_idrus, Habib Kholid dan Habib Alwy As-Segaf. Hadir juga ketua Nahdlotul Ulama, para tokoh masyarakat dan Forkopimcam kecamatan Samarinda Ulu.

Dalam acara tersebut Ketua STAI Al Fithrah, Dr. H. Rosidi, M.Fil.I didaulat untuk menyampaikan ceramah agama. Dalam ceramahnya ini beliau menyampaikan tentang perlu dan pentiingnya berkirim do’a untuk orang-orang yang berjasa dalam kehidupan. Beliau mencontohkan bahwa banyak tokoh-tokoh besar dan orang-orang yang sukses dalam hidupnya berkat bakti mereka kepada kedua orang tua dan para guru mereka. Diantaranya Sunan Giri dan Habib Hamid bin Umar bin Hamid dari Hadlromaut, Yaman. Ceramah kedua disampaikan oleh Habib Kholid As-Segaf, seorang penceramah kelahiran Pulau Kangean, alumni Habib Taufiq As-Segaf Pasuruan.

sambutan ketua stai alfithrah surabaya

Pelantikan Pengurus Al Khidmah Samarinda

Esok harinya, hari Minggu tanggal 18 Desember 2022 diadakan pelantikan pengurus baru jama’ah Al Khidmah kota Samarinda oleh Bapak H. Uirpan, Ketua Umum jama’ah Al Khidmah dan ketua STAI yang juga merangkap sebagai Ketua Umum Thoriqoh Al-Qodiriyah wa Naqsyabandiyah Al-Usmaniyah. Ketua pertama jama’ah Al_khidmah Samarinda adalah saudara Muhammad Luthfi, seorang pemuda yang penuh talenta. Setelah itu acara dilanjutkan dengan pembekalan tentang organisasi Al Khidmah dan ritual thoriqoh.

author

Al-Fithrah

STAI Al Fithrah adalah Perguruan Tinggi Islam di Surabaya Utara yang sedang berkembang. Didirikan oleh Hadrotus Syaikh KH. Achmad Asrori Al Ishaqy bersama dengan para pakar pendidikan seperti Prof. Dr. H. Soefjan Tsauri, M.Sc (Peneliti Senior LIPI Jakarta) dan para pakar pendidikan lainnya pada tahun 2007. Pertama kali didirikan perguruan tinggi ini bernama Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Al Fithrah berdasar SK No. DJ.I/495/2007 dan kemudian berkembang serta berubah status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah pada tahun 2010.

Similar Posts