Ketua STAI Al Fithrah Lantik Ketua Al Khidmah

Ketua STAI Al Fithrah Lantik Ketua Al Khidmah Bergelar Ph.D

2 minutes, 11 seconds Read

Pekan kemarin, tepatnya hari Kamis, tanggal 8 Desember 2022, Ketua STAI Al Fithrah yang sekaligus sebagai ketua umum Thoriqoh Al Qodiriyah wa Naqsyabandiyah Al Usmaniyah, Dr. H. Rosidi, M. Fil.I, melakukan perjalanan panjang ke Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau bersama ketua umum jama’ah Al Khidmah H. Muhammad Uripan dan ketua Thoriqoh Jawa Timur KH. Muhammad Hafidz.

Perjalanan diawali dengan pesawat dari bandar udara internasional Juanda Surabaya ke bandar udara Internasional Hang Nadim Batam. Di kota Batam Ketua STAI dan rombongan menginap satu malam dalam rangka silaturahmi sekaligus melakukan pembinaan organisasi dan kethoriqohan kepada pengurus jama’ah Al Khidmah dan Thoriqoh kota Batam.

ketua stai di bandar udara internasional Juanda

Esok harinya, hari Jum’at, 9 Desember perjalanan dilanjutkan dengan pesawat kecil menuju ke pulau Jemajah. Dalam perjalanan yang ditempuh selama 1 jam 10 menit, rombongan satu pesawat dengan bupati kepulauan Anambas, Bpk. Muhammad Haris, SH, MH. Setelah mendarat di bandar udara Letung, dilanjutkan dengan perjalanan darat menggunakan mobil selama 30 menit menuju pelabuhan. Dari pelabuhan perjalanan dilanjutkan dengan kapal cepat menuju ke pulau Anambas yang ditempuh selama 2 jam.

Dakwah Al Khidmah Hingga Kepelosok Negeri

Selama 3 hari penuh berada di pulau Anambas Ketua STAI dan rombongan mendapatkan penghormatan yang luar biasa dari Forkopimda kabupaten Kepulauan Anambas. Bukan cuma bupati yang selalu mendampingi siang & malam, wakil bupati, Sekda dan semua jajarannya setia menemani kegiatan keagamaan yang diadakan dari masjid ke masjid.

ketua stai memberikan sambutan

Acara puncak diadakan pada hari Minggu pagi, tanggal 11 Desember 2022, yaitu kegiatan majlis dzikir dan maulidur Rasul yang dikemas dengan tema Anambas Berdzikir ke-2 bertempat di masjid Agung Anambas. Rangkaian acara dimulai dengan istighosah, khotmil Qur’an, dzikir, maulid dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Dalam sambutan yang disampaikankanya, bupati Anambas mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada rombongan dari Jawa Timur dan dari kota Batam yang telah menyelenggarakan acara tersebut. Bupati bekerja sama dengan pengurus pusat jama’ah Al Khidmah. Selanjutnya berencana akan mengadakan majlis dzikir gabungan 3 negara. Yaitu Indonesia, Malaysia & Singapura. Acara akan dilaksanakan di Anambas pada bulan Juni tahun 2023 dan dananya seluruhnya akan ditanggung oleh pemerintah kabupaten Kepulauan Anambas.

Puncak acara Anambas Berdzikir diisi dengan tausiyah yang disampaikan oleh Ketua STAI Al Fithrah. Dalam tausiyahnya Dr. H. Rosidi, M. Fil.I menyampaikan hikmah dan mengapa acara seperti itu harus diadakan. Menurutnya acara tersebut merupakan salah satu cara bersyukur kepada Allah atas semua nikmat yang telah diberikan-Nya. Sekaligus bersyukur kepada kedua orang tua atas semua kebaikan yang telah diberikan dan kepada para guru, ustadz dan semua orang yang telah berjasa dalam kehidupan.

Setelah selesai acara kemudian dilanjutkan dengan pelantikan pengurus jama’ah Al Khidmah kabupaten Kepulauan Anambas. Ketua baru yang dipilih adalah H. Erizal Muhammad, MA, Ph.D, ketua Kementerian Agama kabupaten Kepulauan Anambas lulusan Universitas Tun Hussein Onn, Johor Bahru, Malaysia.

jamaah alkhidmah dan ketu stai al fithrah
author

Al-Fithrah

STAI Al Fithrah adalah Perguruan Tinggi Islam di Surabaya Utara yang sedang berkembang. Didirikan oleh Hadrotus Syaikh KH. Achmad Asrori Al Ishaqy bersama dengan para pakar pendidikan seperti Prof. Dr. H. Soefjan Tsauri, M.Sc (Peneliti Senior LIPI Jakarta) dan para pakar pendidikan lainnya pada tahun 2007. Pertama kali didirikan perguruan tinggi ini bernama Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Al Fithrah berdasar SK No. DJ.I/495/2007 dan kemudian berkembang serta berubah status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah pada tahun 2010.

Similar Posts