Kampus Al Fithrah Kunjungi Kampus Enterpreneur, UC Surabaya

2 minutes, 3 seconds Read

Surabaya – Hari Selasa, 31 Januari 2017, jajaran pimpinan kampus dan pimpinan Prodi di STAI Al Fithrah melakukan kunjungan dalam rangka sharing dan studi banding ke Universitas Ciputra, Surabaya. Tujuan utama ke kampus bergengsi dengan jargon “Creating World Class Enterpreneurs” ini tidak lain adalah untuk “ngangsu kaweruh” atau menimba ilmu dan pengalaman dalam bidang kewirausahaan.

Dalam kesempatan ini, Ketua STAI Al Fithrah, Bapak H. Jusuf Sjamsuddin, drg.,S.p. Ort (K), di dampingi oleh Pembantu Ketua I, Bapak H. Shofwan Hasan, M.A., Pembantu Ketua II, Bapak Pratama SBK, M.Pd., Ketua III, Bapak H. Rosidi, M.Fil.I dan seluruh Ketua Prodi dan Sekprodi berkesempatan melakukan tanya jawab mengenai kurikulum enterpreneurship dan upaya-upaya apa yang bisa dilakukan untuk memupuk jiwa wirausaha pada mahasiswa.

Dalam pemaparannya, Dekan Fakultas Enterpreneurship dan Humaniora (FEH), Bapak Johan Hasan, S.Kom., M.Hum. mengatakan, bahwa Universitas Ciputra ini pertama berdiri pada tahun 2005, dan focus garapannya adalah bagaimana membangun jiwa wirausaha pada para mahasiswa. Kampus ini mengedepankan 3 (tiga) nilai (values) utama, yakni Integrity, Profesionalism, dan Enterpreneurship. Setiap mahasiswa dari semua jurusan di kampus ini wajib menempuh 15 sks mata kuliah Enterpreneur (teori dan praktek) yang ditempuh dalam waktu 5 semester.

Kunjungan ke Universitas Ciputra ini merupakan salah satu upaya dan usaha yang dilakukan oleh jajaran stake holders kampus Al Fithrah dalam memberikan bekal keilmuan dan kehidupan bermasyarakat pada mahasiswa STAI Al Fithrah. Walaupun  kampus Al Fithrah ini nota bene nya adalah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIS), dan Ilmu-ilmu yang didalami adalah ilmu-ilmu berbasis Agama, serta mayoritas mahasiswa adalah alumni pesantren, namun bukan berarti mengesampingkan potensi-potensi wirausaha yang dimiliki oleh setiap mahasiswa. Bahasa sederhananya, “tidak semua santri itu jadi kiyai, toh walaupun jadi kiyai, jadilah kiyai yang berjiwa entrepreneur.”

Hal di atas sejalan dengan motto Kampus Al Fithrah, yaitu “Mendalamkan Spiritualitas Meluaskan Intelektualitas”. Motto ini memiliki makna filosofis, bahwa generasi dan jebolan Al Fithrah adalah manusia-manusia yang dalam spiritualitasnya, serta luas intelektualitasnya. Untuk menuju kepada kedalaman spiritualitas, Kampus Al Fithrah melestarikan dan tradisi ilmu dan amaliah para ulama salaf, sedangkan dalam rangka meluaskan intelektualitas, kampus Al Fithrah selalu melakukan inovasi, observasi, dan adopsi terhadap ilmu-ilmu dan teori-teori modern, tak terkecuali adalah ilmu dan pengalaman dalam bidang entrepreneurship, dengan “berguru” kepada ahlinya.

Kunjungan ini berlangsung dengan sangat informatif dan komunikatif. Para pimpinan kampus dan pimpinan prodi secara antusias memberikan pertanyaan-pertanyaan tentang dunia pendidikan wirausaha yang digagas di Universitas Ciputra ini. Dalam acara kunjungan ini, pimpinan STAI diterima dan disambut oleh para pimpinan FEH di ruang tamu lantai 2 gedung utama kampus.

 

author

Al-Fithrah

STAI Al Fithrah adalah Perguruan Tinggi Islam di Surabaya Utara yang sedang berkembang. Didirikan oleh Hadrotus Syaikh KH. Achmad Asrori Al Ishaqy bersama dengan para pakar pendidikan seperti Prof. Dr. H. Soefjan Tsauri, M.Sc (Peneliti Senior LIPI Jakarta) dan para pakar pendidikan lainnya pada tahun 2007. Pertama kali didirikan perguruan tinggi ini bernama Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Al Fithrah berdasar SK No. DJ.I/495/2007 dan kemudian berkembang serta berubah status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah pada tahun 2010.

Similar Posts