musyawarah mahasiswa prodi iat

HIMA PRODI IAT Adakan Musyawarah Mahasiswa 2023

1 minute, 36 seconds Read

Senin, 28 Agustus 2023. Himpunan Mahasiswa (HIMA) Program Studi (PRODI) Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Fithrah mengadakan Musyawarah Mahasiswa (MUSMA) PRODI IAT. Acara ini dihadiri oleh Kepala PRODI (KAPRODI) Dr. Kusroni, M.Th.I, Ketua HIMA Abdul Hamid Majid, para jajaran pengurus HIMA, perwakilan kelas tiap semester, dan demisioner. Konsep yang dipakai yakni offline dan online dikarenakan mahasiswa semester lima menjalani KKN.

MUSMA diselenggarakan di kelas ruang tiga lantai dua STAI Al Fithrah. MUSMA ialah musyawarah yang membahas diantaranya: tata tertib persidangan, anggaran dasar (AD), anggaran rumah tangga (ART), garis-garis besar haluan organisasi (GBHO), garis-garis besar haluan kerja (GBHK), rancangan tata tertib pemilihan calon ketua dan tim formatur.

Adanya MUSMA ini bertujuan untuk merevisi dan memperbaiki aturan-aturan yang kurang relevan dengan zamannya, dengan pertimbangan yang matang, berbobot, dan bisa dirasakan manfaatnya bagi semua mahasiswa PRODI IAT.

Sistematika MUSMA yaitu musyawarah dipimpin oleh tiga presidium, presidium dipilih oleh anggota musyawarah yang hadir, presidium menyediakan tiga opsi dan lima afirmasi, presidium menimbang dan mengkombinasi opsi-opsi yang maslahah. Pertama-tama dimulai dengan tawasul, istighosah, dan fi hubbi. Dilanjutkan acara kedua, prosesi musyawarah mahasiswa dimulai dari tata tertib persidangan hingga rancangan tata tertib pemilihan calon ketua dan tim formatur. Kemudian acara terakhir, doa penutup yang dibaca secara seksama dan bersama-sama oleh semua (musyawirin-musyawirat).

musma prodi iat stai al fithrah

STAI Al Fithrah adalah Perguruan Tinggi Islam di Surabaya Utara yang sedang berkembang. Didirikan oleh Hadrotus Syaikh KH. Achmad Asrori Al Ishaqy bersama dengan para pakar pendidikan seperti Prof. Dr. H. Soefjan Tsauri, M.Sc (Peneliti Senior LIPI Jakarta) dan para pakar pendidikan lainnya pada tahun 2007. Pertama kali didirikan perguruan tinggi ini bernama Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Al Fithrah berdasar SK No. DJ.I/495/2007 dan kemudian berkembang serta berubah status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah pada tahun 2010. Saat ini, STAI Al Fithrah mempunyai lima jurusan dan tujuh program studi. Ke depan akan dibuka prodi-prodi baru sesuai dengan perkembangan dan diharapkan dapat beralih status menjadi Universitas Islam Al Fithrah.

author

Kampus Al Fithrah

Institut Al Fithrah Surabaya. Mendalamkan Spiritualitas Meluaskan Intelektualitas.

Similar Posts

lowongan dosen IAF