FGD Review Kurikulum Prodi MPI

FGD Review Kurikulum, MPI STAI Al-Fithrah Surabaya

1 minute, 32 seconds Read

23 September 2019 – Sebagai bentuk tindak lanjut MoU antara Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) UIN Sunan Kalijaga dan Program Studi MPI STAI Al-Fitrah Surabaya, diselenggarakanlah Focus Group Discussion (FGD) bertajuk “Review Kurikulum Prodi MPI.” Acara ini dihadiri oleh Dr. Zaina Arifin, M.S.I, Sekretaris Prodi MPI UIN Sunan Kalijaga, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum Perkumpulan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (PPMPI) Indonesia.

Dalam sambutannya, Dr. Ikhsan selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) STAI Al-Fitrah, menyampaikan urgensi kegiatan ini sebagai langkah dalam meningkatkan dan mereview kurikulum Prodi MPI berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Dia juga menggarisbawahi pentingnya kolaborasi dengan PPMPI untuk mendapatkan masukan sesuai dengan perkembangan terkini dalam bidang MPI. Pemikiran yang senada juga disampaikan oleh Kaprodi MPI STAI Al-Fitrah, Nur Cholis, Lc, M.Ag, yang menegaskan bahwa reviu kurikulum MPI saatnya dilakukan, dengan mengambil inspirasi dari pengalaman sukses MPI Yogyakarta dalam mengembangkan kurikulum KKNI.

Harapannya, kolaborasi ini tidak hanya menjadi momentum positif, tetapi juga memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan mutu dan relevansi kurikulum Prodi MPI STAI Al-Fitrah Surabaya. Semoga kerjasama ini berlanjut dan memberikan kebaikan bersama untuk kemajuan pendidikan di Indonesia, khususnya bagi Prodi MPI STAI Al-Fitrah Surabaya. Aamiin.


Institut Al Fithrah (IAF) adalah Perguruan Tinggi Islam di Surabaya Utara yang sedang berkembang. Didirikan oleh Hadrotus Syaikh KH. Achmad Asrori Al Ishaqy bersama dengan para pakar pendidikan seperti Prof. Dr. H. Soefjan Tsauri, M.Sc (Peneliti Senior LIPI Jakarta) dan para pakar pendidikan lainnya pada tahun 2007.

Pertama kali didirikan perguruan tinggi ini bernama Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Al Fithrah berdasar SK No. DJ.I/495/2007 dan kemudian berkembang serta berubah status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah pada tahun 2010. Saat ini, telah tersedia tiga fakultas dan tujuh program studi. Ke depan akan dibuka prodi-prodi baru sesuai dengan perkembangan dan diharapkan dapat beralih status menjadi Universitas Islam Al Fithrah.

# FGD Review Kurikulum

author

Kampus Al Fithrah

Institut Al Fithrah Surabaya. Mendalamkan Spiritualitas Meluaskan Intelektualitas.

Similar Posts