Ketua STAI Al Fithrah Lakukan Kunjungan Maraton ke Negeri Jiran

Berita

Pekan kemarin, Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Fithrah, Dr. H. Rosidi, M. Fil.I melakukan perjalanan dinas selama setengah bulan ke dua negara sekaligus, Singapura dan Malaysia. Rombongan terdiri dari enam orang: Ketua STAI Al Fithrah yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Tarekat al-Qadiriyah wa al-Naqshabandiyah al-Oesmaniyah, Ketua dan Sekretaris Umum Perkumpulan Jama’ah Al Khidmah, Bpk. H.M. Uripan dan Bpk. Sarbini, Sekretaris Umum Yayasan Al Khidmah Indonesia, Bpk. Pratama Surya Bagus Kusuma, M.Pd, seorang alumni Prodi Ilmu Tasawuf STAI Al Fithrah, Mohammad Anasun Najih, S.Ud dan seorang teknisi, Bpk. Supriono.

Sebetulnya itu bukan kali pertama Ketua STAI berkunjung ke Singapura dan Malaysia. Hampir setiap tahun beliau berkeliling ke kedua negara tersebut, bahkan sampai ke Thailand, sebab sudah lama beliau menjabat sebagai Ketua Umum Tarekat al-Qadiriyah wa al-Naqshabandiyah al-Oesmaniyah. Namun sejak diangkat sebagai Ketua STAI awal bulan Oktober tahun lalu, ini adalah kunjungan pertama beliau ke luar negeri.

Di Singapura beliau menghadiri sekaligus sebagai pengisi acara Haul Akbar Singapura yang diselenggarakan pada hari Minggu, 29 Mei 2022 oleh Pengurus Jama’ah Al Khidmah Singapura, yang bertempat di masjid Khalid, 130 Joo Chiat Rd. Selanjutnya beliau dan rombongan meninjau proses pembangunan masjid dan pondok pesantren Al Fithrah di Kota Tinggi, Johor Bahru, Malaysia. Di tempat ini Beliau didaulat untuk memberikan ceramah di hadapan habaib, asatidzat dan masyarakat setempat tentang perlunya bertarekat. Acara itu mendapat sambutan yang luar biasa, sebab rupanya acara dengan topik tersebut belum pernah diadakan di negeri bagian tersebut. Di Kota Tinggi, Ketua STAI dan rombongan juga sempat silaturahmi kepada dua tokoh agama dan sosial di sana: Habib Abdul Qadir bin Muhammad Al Jufri dan Datuk H. Syahrul Izam bin Syarifudin, Ph.D. Mereka berdua menyambut hangat kedatangan rombongan. Habib Abdul Qadir memberikan kenang-kenangan sebuah kitab, sedangkat Datuk Izam berkenan memperlihatkan koleksi tutup makam dan sehelai rambut Nabi Muhammad SAW.

Destinasi rombongan selanjutnya adalah Kuala Lumpur. Di Kuala Lumpur rombongan mengunjungi berbagai tempat basis-basis jama’ah Al Khidmah, bahkan sampai ke negeri Melaka. Rombongan bersilaturahmi dan konsolidasi dengan pengurus tarekat dan jama’ah Al Khidmah di Kuala Langat, Sentul, Selangor Darul Ehsan dan Sungai Chinchin.

Acara puncak di Malaysia rombongan menghadiri Haul Akbar Malaysia 2022. Acara ini diselenggarakan di masjid Nurus Shobah, Balakong, dihadiri tidak kurang dari 3000-an jama’ah, juga para habib dan para tokoh setempat. Dalam acara ini Ketua STAI didaulat untuk memberikan ceramah bergantian dengan para habib.

Leave a Reply