BEM STAI Al Fithrah Surabaya dan Aksi Peduli Kemanusiaan

Berita event Info Akademik Kunjungan

Surabaya, 25 Desember 2021, BEM STAI Al Fithrah bersama dengan UPZ Baznas Yakiin bekerjasama menyalurkan donasi terkumpul untuk korban terdampak erupsi gunung Semeru beberapa pekan sebelumnya.
Salah satu gunung api Indonesia yang terletak di dua kabupaten, Lumajang dan Malang itu mulai mengeluarkan asap abu-abu pekat, tebal dan terhitung sebagai ukuran raksasa pada 4 Desember 2021. Gunung tertinggi di Pulau Jawa itu dalam waktu yang bersamaan mengeluarkan awan panas yang berguguran. Menenggelamkan beberapa desa di sana.
Seperti banyak diberitakan, tragedi erupsi gunung semeru ini diwarnai dengan oornamen-ornamen janggal dan mistik,
“Ada beberapa rumah yang secara akal sehat harusnya ditenggelamkan abu seperti rumah di samping kanan kirinya, tetapi (mungkin) karena barokah KH Achmad Asrori, dan para auliyaillah yang foto Beliau sekalian kebetulan tergantung di dalam rumah, tidak turut membuat rumah tersebut tertimbun abu” ujar salah satu warga sekitar pada relawan kami sore, 25 Desember 2021 lalu.

Kegiatan penyaluran bantuan ini memang tidak sesederhana penyaluran donasi pada umumnya, BEM STAI Al Fithrah turut membawa tradisi kirim doa dan tahlil di lokasi, acara ini merupakan permintaan warga setempat yang disuarakan oleh kepala penduduk kepada relawan yang berangkat ke lokasi kejadian.

Donasi yang terkumpul terdiri dari 159 amplop uang, 20 bingkisan berupa pakaian dan 5 karung beras, dibagikan usai penggelaran acara kirim doa dan tahlil, sasaran penerimannya adalah korban tedampak yang terdiri dari lansia, janda dan anak yatim. Pembagian ini dikomandoi juga oleh ketua RT dengan menggunakan data penduduk.
Waba’du, seperti apa yang dittulis Ketua STAI Al Fithrah Surabaya, Dr. Kh. Rosidi, M. Fil. I, kepada para Redaktur dan para Dermawan, yang turut serta membantu program penyaluran. Insya Allah menjadi amal jariyah dan menjadikan hidup kita lebih baik. (Lifa A)

Leave a Reply